PAIRING BLOETOOTH

Sebelum memanfaatkan koneksi Bluetooth antara dua peranti atau lebih, tidak ada salahnya melakukan proses pemasangan atau pairing terlebih dahulu. Pairing berguna terutama buat keperluan keamanan.

Dengan pairing peranti, Bluetooth memastikan bahwa koneksi Bluetooth dilakukan dengan seizin pemilik peranti. Proses pairing biasanya cukup dilakukan satu kali.

Sebelum pairing dilakukan, kita harus mengaktifkan Bluetooth dan mengeset peranti-peranti Bluetooth yang hendak dilibatkan ke mode discoverable (terlihat). Biasanya semua pilihan ini tersedia pada setelan Bluetooth peranti Anda. Pada PocketPC, periksa Bluetooth Manager, sedangkan pada peranti lain coba lihat Connectivity atau Konektivitas.

Langkah rinci pairing Bluetooth berbeda-beda tergantung pada peranti yang digunakan. Sebagai contoh kita akan melihat langkah pada dua peranti: Sony Ericsson Z-600 dan komputer (menggunakan peranti lunak dari WIDCOMM).

Pada Z-600, proses pairing dimulai dari menu My Devices. Pilih New Device. Ponsel akan mencari semua peranti Bluetooth yang aktif dan berada pada mode Discoverable, lalu menampilkannya. Pilih Select. Anda akan diminta memasukkan passkey (angka seperti PIN).

Masukkan angka yang Anda kehendaki. Pada peranti lain yang hendak dipasangkan akan muncul juga permintaan untuk memasukkan passkey. Masukkan angka yang sama di sini.

Proses pairing pada komputer pada dasarnya sama saja. Instalasi WIDCOMM Bluetooth Software akan menambahkan pintasan My Bluetooth Places pada desktop.

Buka pintasan ini dan pilih Find Devices. Seperti pada ponsel, komputer akan menampilkan daftar semua peranti Bluetooth yang terlacak. Klik peranti yang diinginkan lalu masukkan passkey. Masukkan passkey yang sama pada pasangannya.

Setelah pairing kedua peranti bisa berhubungan tanpa meminta passkey lagi. Nah, kalau proses discovery dan pairing ini berjalan mulus, sudah siap kita untuk ber-Bluetooth ria dengan aneka piranti yang saling kompatibel.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s