Segelas Susu Untuk Gangguan Tidur

Segelas Susu Untuk Gangguan Tidur

Pola kehidupan modern yang cenderung mengutamakan pekerjaan menyebabkan pola biologis tubuh terganggu, termasuk jadwal tidur. Terkadang perubahan ini tidak hanya sebatas fisik, tapi juga berpengaruh terhadap metabolisme tubuh.

Dalam keadaan stress, biasanya jantung bekerja lebih cepat, sehingga sirkulasi darah juga menjadi lebih cepat. Dalam kondisi ini, darah akan meningkatkan kapasitasnya untuk melakukan sirkulasi oksigen dan zat makanan, namun di sisi lain juga menurunkan kapaitas dan fungsi darah yang berhubungan dengan relaksasi. Keadaan ini dapat menimbulkan kelelahan dan menuntut tubuh untuk beristirahat lebih banyak. Akan tetapi, ternyata banyak kasus susah tidur justru dialami oleh para pekerja yang lelah sehabis bekerja.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penunjang tidur nyenyak adalah rasa santai dan rileks di seluruh tubuh. Sebelum tidur, kecepatan metabolisme tubuh dan ketegangan pikiran harus diturunkan. Salah satu cara yang dipercaya paling ampuh untuk membantu tidur nyenyak adalah meminum susu hangat sebelum tidur.

Biasanya, orang sering mendefinisikan susah tidur atau tidur tidak nyenyak sebagai insomnia. Sebenarnya pengertian insomnia sendiri lebih luas, mencakup gangguan-gangguan yang mengawali, mengiringi, dan mengakhiri tidur. Sebagian besar kasus insomnia disebabkan oleh gangguan mental, seperti depresi, kekhawatiran, atau ketegangan. Penyebab lain adalah penyakit fisik atau ketidaknyamanan, seperti hawa yang terlalu panas atau dingin, bising, diet, serta gangguan ritme biologis, seperti jetlag atau aktivitas fisik yang berat menjelang tidur.

Selain itu, ada jenis bahan makanan yang dapat memicu insomnia, seperti kafein pada kopi dan garam. Garam dapat merangsang kelenjar adrenalin dengan cara yang sama seperti kafein, dan juga dapat memicu tekanan darah tinggi yang menyebabkan susah tidur.

Umumnya, jurus yang sering disarankan dokter agar bisa tidur nyenyak adalah:
1. Mandi air hangat
2. Tidur pada waktu yang tetap setiap harinya
3. Menghindari konsumsi akohol menjelang tidur
4. Jangan tidur siang
5. Membeli tempat tidur baru
6. Membaca novel ringan
7. Menulis daftar kegiatan dan tugas-tugas esok hari
8. Jangan makan menjelang tidur
9. Tidur di ruangan yang gelap dan tenang
10. Minum segelas susu hangat sebelum tidur

Segelas susu hangat dapat menimbulkan efek rileks dan nyaman pada tubuh, memperlambat metabolisme tubuh, dan menimbulkan perasaan kantuk. Substansi utama dalam susu yang dapat membantu relaksasi adalah mineral susu dan protein susu.

Mineral susu yang berpengaruh langsung terhadap relaksasi tubuh adalah:
1. Kalsium
Kalsium berfungsi mengatur tekanan darah. Tekanan darah yang stabil dapat mmbantu mencegah stress dan menimbulkan rasa rileks sehingga memudahkan tubuh beristirahat.
2. Magnesium
Magnesium dapat mencegah otot kaku, kejang atau kram, dan rasa ngilu yang biasanya terjadi setelah seharian beraktivitas atau saat menstruasi pada wanita.
3. Fosfor
Bersama kalsium, fosfor memelihara fungsi kerja otot-otot tubuh, terutama dalam regulasi kontraksi dan relaksasi.

Protein susu yaitu alfa-laktalbumin, dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhadap stress, menginduksi rasa kantuk, memiliki efek meredakan rasa sakit, sebagai modulator kapasitas kerja otak, mengatur stabilitas emosi, daya tangkap, dan selera makan.

Komponen lain yang terkandung dalam susu dapat mengurangi stress dengan mengendalikan kadar glukosa darah dalam tubuh, meredakan ketegangan syaraf, serta membantu pembentukan serotonin dan hormon melatonin.

Ternyata manfaat susu tidak hanya untuk memperkuat tulang kan?(fis)

TrackBack Identifier URI