Berbagi Jaringan LAN via Bluetooth

Berbagi Jaringan LAN via Bluetooth

Bila jaringan komputer lokal local area network (LAN) Anda terhubung dengan Internet, PDA Anda bisa ikut memanfaatkannya dengan koneksi Bluetooth.

Pada PocketPC ada dua cara yang bisa digunakan. Pertama menggunakan Microsoft ActiveSync dan yang kedua menggunakan layanan Network Access yang disediakan peranti lunak Bluetooth.

Cara pertama biasanya lebih mudah. Asalkan Anda bisa menjalankan ActiveSync melalui jaringan Bluetooth secara otomatis PDA Anda bisa memanfaatkan koneksi LAN. Tapi ada kalanya Anda ingin menggunakan cara kedua—terutama kalau Anda meminjam komputer yang belum tentu punya aplikasi Microsoft ActiveSync.

Dari pengujian Digit@l koneksi seperti ini tidak begitu stabil dibandingkan dengan Microsoft ActiveSync Untuk mengkonfigurasi layanan Network Access, buka Bluetooth Configuration di Control Panel. Pilih Local Services. Di sana akan ditampilkan layanan Bluetooth yang disediakan komputer, salah satunya Network Acess. Sorot layanan tersebut dengan cara mengkliknya lalu klik Properties.

Di sini di bagian atas Anda akan menemukan pilihan, di antaranya Do not Allow Network Connections to this computer, Allow other devices to create a private network with this computer, dan Allow other devices to access the Internet/LAN with this computer. Ambil pilihan terakhir.

Berikutnya Anda harus mengkonfigurasi sambungan LAN Anda agar bisa dibagi dengan PDA. Pada jendela yang sama dengan menu di atas klik Configure Connection Sharing.

Akan muncul beberapa koneksi yang tersedia pada komputer. Klik kanan Local Area Connection, lalu Properties. Pilih Sharing lalu beri tanda centang pada Enable Internet Connection Sharing for this Connection.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar