E-mail Instan ala XL Mobile Mail

E-mail Instan ala XL Mobile Mail

Pusing dengan urusan setting e-mail? Jika Anda mempunyai ponsel GPRS dengan kartu XL, manfaatkan layanan XL Mobile Mail.

Seberapa sering Anda menilik e-mail setiap hari? Sekali, dua kali, atau lebih dari itu? Tri, pekerja di sebuah media, termasuk orang yang rajin melihat kotak surat elektroniknya. Setiap hari, secara teratur perempuan ini mengecek kotak surat elektroniknya.

“Karena tiap hari, waktu saya lebih sering dihabiskan di luar kantor, cara paling efektif untuk berkomunikasi dengan teman satu divisi dan atasan ya lebih sering pakai e-mail,” ujar Tri.

Meski Tri rajin mengecek e-mail, ia tak perlu membekali dirinya dengan aneka perangkat digital. Saat Digit@l menemuinya ia hanya mengantongi ponsel. “Ini senjata utama saya,” ujarnya seraya mengeluarkan ponsel dari saku celananya.

Singkirkan jauh-jauh bayangan Anda soal ponsel cerdas. Ponsel, senjata utama Tri itu, tidak termasuk kategori smatphone.

“Awalnya saya juga enggak tahu kalau hp saya ini bisa untuk terima dan kirim e-mail, saya pikir cuma hp-hp mahal saja yang bisa, eh setelah tanya sana-sini baru deh ngerti, ternyata hp ini juga bisa dan ada fitur e-mail-nya,” ujar Tri.

Pameo bahwa hanya ponsel cerdas saja yang bisa melayani aktivitas penerimaan dan pengiriman e-mail bisa jadi tidak hanya ada di benak Tri saja. Selama ini citra ponsel cerdas memang identik dengan fitur-fitur pelengkap yang membantu penggunanya untuk mengerjakan beragam pekerjaan yang bisa dilakukan dari desktop atau notebook, seperti browsing dan internet.

Padahal ponsel yang bukan kategori smartphone pun dapat melakukan aktivitas itu. Asalkan ponsel tadi sudah dibekali dengan fitur GPRS, urusan yang memiliki kaitan dengan koneksi internet, juga bisa dilakukan. Lewat ponsel berfitur GPRS, pengguna dapat mengakses akun e-mail-nya.

Kurangnya eksplorasi terhadap ponsel yang dipakai kerap membuat pengguna tidak memahami layanan apa saja yang bisa dinikmati. Kalau akhirnya mereka tahu layanan yang bisa dijangkau dari ponsel, tidak sedikit juga yang batal menggunakan layanan itu.

Setting yang membingungkan kerap menjadi alasan utama hingga si pengguna memilih untuk tidak menggunakan layanan itu. Setting e-mail di ponsel memang membutuhkan ketelitian. Pengguna harus tahu sejumlah informasi, seperti incoming server juga incoming port.

Tri juga sempat mengalami kebingungan. “Setting-nya itu loh, banyak yang harus dimasukkan, portnya apa, servernya apa, yang ada malah pusing,” tuturnya, tergelak. Untunglah Tri tak kehilangan akal. Seperti kata pepatah Banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara juga untuk dapat mengakses e-mail lewat ponsel. Salah satunya dengan memanfaatkan layanan e-mail yang ditawarkan operator seluler.

“Memang ada biaya tambahan lagi selain biaya akses GPRS, tapi saya nggak perlu repot sama urusan setting-setting, tinggal ikut petunjuknya aja,” kata Tri.

Tidak hanya setting saja yang makin mudah. Kompatibilitas ponsel yang mendukung layanan e-mail pun makin beragam. Kalau semula layanan e-mail hanya berjalan di handset tertentu saja, misalnya handset BlackBerry untuk layanan e-mail dari Indosat, lalu berlanjut ke pengguna ponsel dengan sistem operasi Symbian dan Windows Mobile yang bisa menggunakan layanan e-mail ventus dari Telkomsel, kini satu layanan baru dari XL menyodorkan satu pilihan yang bisa dilirik.

Layanan bertajuk XL Mobile Mail ini dapat bekerja di ponsel yang memiliki fitur GPRS. Layanan ini tidak bisa digunakan oleh pengguna kartu prabayar Jempol. Pengguna harus memiliki ponsel yang dilengkapi dengan fitur GPRS juga browser.

Setiap pelanggan dikenai biaya langganan sebesar Rp10.000 per 15 hari. Tarif GPRS untuk layanan ini hanya Rp10/Kb. Setiap pengguna mendapat akun e-mail XL Mail dengan kapasitas 15MB dan dapat mengakses maksimum 4 akun e-mail POP3/IMAP, misalnya Yahoo.co.id, Gmail, juga Hotpop.

Anda tertarik dengan layanan ini? Kami berikan panduan yang memudahkan Anda. Ikuti tiap langkahnya, dan … You’ve got mail!

Panduan Registrasi

Anda harus melakukan registrasi. Caranya kunjungi XL WAP portal dengan mengetik http://wap.xl.co.id pada ponsel Anda. Setelah sampai ke menu utama WAP portal, klik logo mobile mail pada portal tersebut.

Klik Sign up. Anda akan menuju ke halaman sign up. Setiap pengguna dapat merancang akun mereka sendiri. Buatlah user name dan passwordnya. Karakter yang diizinkan untuk nama pengguna adalah gabungan dari a-z, 0-9, A-Z, titik dan garis bawah. Anda juga bisa menggunakan nomor XL Anda sebagai user name.

Tinggal kosongkan pilihan kolom user name dan nomor hp Anda langsung menjadi user name. Kalau sudah membuat nama user dan password, klik proceed with activation. User name pada layanan ini akan diakhiri dengan @xlmail.co.id. Misalnya Anda memilih rose untuk user name Anda, maka akun e-mail XL Mobile mail Anda adalah rose@xlmail.co.id. Jika pengguna menggunakan nomor ponsel, akun e-mailnya adalah nomor ponsel si pengguna@xlmail.co.id. Misalnya 08184774xx@xlmail.co.id

Setelah registrasi berhasil, klik sekali lagi untuk melanjutkan. Untuk melanjutkan layanan XL Mobile Mail ini, Anda harus menyetujui ketentuan layanan atau terms of service. Pada tampilan ketentuan layanan, klik pada tombol I Agree.

Kalau ketentuan layanan tadi sudah disetujui, Anda berarti telah mengkonfigurasi layanan XL Mobile Mail. Kini sudah ada kotak surat elektronik di dalam ponsel Anda. Kalau Anda mengklik Main Menu, Anda sudah dapat melihat tampilan menu kotak surat yang Anda miliki. Ada menu Compose untuk membuat surat, menu Inbox untuk melihat isi kotak surat, juga Settings untuk pengaturan beberapa fitur lain, seperti menambahkan e-mail account lainnya.

Panduan Login

Buka portal WAP dengan mengetik http://wap.xl.co.id pada ponsel Anda. Klik logo XL Mobile mail pada portal tersebut dan Anda akan sampai ke halaman menu utama layanan ini.

Klik Login. Lalu masukkan user name dan password Anda. Kalau user name dan password Anda benar, Anda bisa melenggang ke kotak surat milik Anda.

Menambah akun e-mail POP3

Sebelum menambah Anda harus login dulu ke akun imel XL Mobile Mail. Setelah login dan sampai ke menu utama, Anda akan sampai pada halaman setting. Klik Add Alert dan pilih akun e-mail yang ingin Anda tambahkan ke layanan XL Mobile Mail dari menu dan klik Next.

Isi kolom informasi, seperti display name, alamat akun e-mail yang ingin ditambahkan juga password akun e-mail tadi. Jika semua informasi sudah terisi dengan tepat, klik Add mail Alert untuk melanjutkan.

Anda akan menerima konfirmasi bahwa akun e-mail Anda sudah aktif dengan XL Mobile Mail dan notifikasi akan mulai dikirimkan jika e-mail sudah diterima. Di halaman konfirmasi ini klik Back untuk kembali ke halaman utama untuk menambahkan akun e-mail lainnya.

Anda bisa menambahkan maksimal empat akun e-mail lain. Hanya e-mail yang memiliki akses POP3, misalnya gmail, yang bisa didaftarkan pada layanan ini. Jadi sebelum menambahkan akun e-mail, ada baiknya Anda memastikan layanan e-mail tersebut memiliki akses POP3.

Menulis e-mail Baru

Untuk menulis e-mail baru, pilih Compose dari halaman utama. Anda tentu harus login dulu ke akun e-mail XL Mobile Mail ini.

Tambahkan alamat penerima pada kolom “To”, tambahkan judul dan isi e-mail. Setelah mengetik surat, klik Send Mail untuk mengirim e-mail. Kalau Anda sudah menambahkan lebih dari satu akun e-mail, jangan lupa untuk memilih e-mail account mana yang Anda pakai untuk mengirim surat. Misalnya Anda ingin mengirim lewat akun e-mail Gmail atau akun e-mail XL Mobile Mail.

Jika e-mail Anda sudah terkirim, Anda akan menerima konfirmasi bahwa e-mail sudah terkirim. Klik Main Menu untuk kembali ke halaman utama XL Mobile Mail.

Membaca e-mail

Dari halaman utama, klik alamat e-mail untuk menuju kotak masuk.Pilih e-mail yang akan dibaca dan klik Read untuk membukanya.

Ketika e-mail sudah dibuka, Anda bisa langsung membalas. Tersedia beragam pilihan menu. Klik Reply untuk membalas surat, Reply All untuk membalas ke semua alamat yang tertera di e-mail, Forward untuk meneruskan surat ini ke alamat e-mail lainnya. Pilih Compose New untuk membuat surat elektronik yang baru.

Mengatur XL Mail

Selain bisa membaca e-mail, Anda juga bisa menghapus dan memblokir alamat e-mail. Surat elektronik yang sudah tidak diperlukan dapat dihapus. Ini berguna agar Anda tidak melebihi kuota e-mail. Anda bisa melihat kuota e-mail pada bagian atas menu Inbox. XL hanya memberi kuota pada akun e-mail XL Mobile Mail atau akun yang berakhiran xlmail.co.id. Tiap pengguna mendapat kuota sebesar 15MB.

Untuk menghapus e-mail yang sudah tidak diperlukan, klik Delete. E-mail akan dihapus dan dipindahkan dari kuota setiap tengah malam.

Untuk memblokir suatu alamat e-mail, masuk ke halaman inbox, pilih e-mail yang alamatnya ingin Anda blokir, klik Block dan e-mail dari alamat e-mail tersebut akan dihapus secara otomatis.

Anda bisa membatalkan pemblokiran alamat e-mail, caranya: klik link alamat e-mail yang terblokir dan klik Unblocked.

Mengaktifkan dan menonaktifkan notifikasi

Klik Settings dari halaman utama. Di halaman Settings, pilih Deactive All Alerts untuk menonaktifkan notifikasi.

Kalau Anda ingin menerima notifikasi kembali, pilih Activate All Alerts yang ada di halaman Settings.

Mengubah Password

Masuk ke halaman Settings. Ketik password lama dan password baru, lalu klik Change Password

Berhenti berlangganan

Jika Anda ingin berhenti berlangganan dari layanan ini dan tidak ingin lagi menggunakannya, klik Unsubscribe dari halaman Log In.

Untuk melanjutkan pembatalan, masukkan nama user dan password Anda lalu klik Unsubsribe

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan komentar